RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP/MTs
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: VIII / Ganjil
Materi
Pokok : Gerak dan Gaya
Alokasi
Waktu : 2 Minggu x 5 Jam
Pelajaran @40 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli,
dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
·
KI4: Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B.
Kompetensi
Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar |
Indikator |
3.2 Menganalisis
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup |
·
Menganalisis gerak pada
benda ·
Menganalisis hukum newton
tentang gerak ·
Menganalisis penerapan
hukum newton pada gerak makhluk hidup dan benda |
4.2 Menyajikan
hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda |
·
Menyajikan hasil
penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda |
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
• Menganalisis gerak pada
benda
• Menganalisis hukum newton
tentang gerak
• Menganalisis penerapan hukum
newton pada gerak makhluk hidup dan benda
• Menyajikan hasil
penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi Pembelajaran
Reguler
Gerak dan Gaya
o
Gerak pada benda
o
Hukum Newton tentang gerak
o
Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan
benda
1.
Fakta
Benda-benda
di alam semesta ini ada yang diam ada pula yang bergerak. Perhatikan batu-batu
di pinggir jalan, mereka diam terhada jalan kecuali mendapat dorongan dari luar
misalkan ditendang oleh kaki seorang anak. Perhatikan rumah-rumah di sekeliling
kita, mereka diam terhadap pohon-pohon di sekelilingnya.
2.
Konsep
Berikut
ini adalah jenis-jenis gaya:
a.
Gaya
magnet:
Kekuatan yang menarik jarum, paku, atau
benda logam lainnya yang ada disekitarnya. Magnet memiliki 2 kutub yaitu kutub
utara dan selatan. Bentuk magnet beragam ada yang berbentuk jarum, ada yang
berbentuk huruf “U”, berbentuk silinder, berbentuk lingkaran dan ada yang
berbentuk batang. Perhatikan gambar bentuk-bentuk magnet berikut!
b. Gaya
listrik statis:
Kekuatan yang dimiliki benda yang
bermuatan listrik untuk menarik benda-benda disekitarnya. Untuk melihat adanya
gaya listrik statis, bisa dicoba dengan mengosok-gosok penggaris pada rambut
kering kita, kemudian dekatkan pada sobekkan kertas, maka sobekkan kertas
tersebut akan menempel pada penggaris. Penggaris bisa menarik potongan kertas
dengan gaya listrik statis.
c.
Gaya otot :
Kekuatan yang dihasilkan oleh otot
manusia. Gaya ini sering dilakukan pada saat kita mengangkat beban atau sedang
senam di sekolah. Apabila kita sering melakukan olahraga maka otomu akan
bertambah besar dan kuat.
d.
Gaya gravitasi bumi :
Kekuatan bumi untuk menarik benda lain
ke bawah. Bila kita melempar benda ke atas, baik dari kertas, pensil atau benda
lain maka semua benda itu akan jatuh ke bawah. Berbeda bila di luar angkasa
para astronot tidak merasakan gaya gravitasi, akibatnya mereka akan
melayang-layang bila berada di luar angkasa.
e.
Gaya Pegas :
Kekuatan yang ditimbulkan oleh karet
atau pegas yang diregangkan. Misalnya saat kamu bermain panahan, karet mampu
mendorong anak panah terlontar dengan cepat dan jauh.
f.
Gaya Gesekan:
Bila kedua benda saling bergesekkan,
maka antara keduanya akan muncul gaya gesek. Gaya gesek bisa menguntungkan dan
merugikan. Bila kita berjalan di jalan yang kering, antara sepatu dan jalan
akan muncul gaya gesek. Gaya gesek ini membantu kita untuk bisa berjalan.
Bayangkan bila jalanan licin, maka gaya geseknya akan kecil dan kita akan
kesulitan untuk berjalan.
3.
Prinsip
Seorang yang mendorong meja, meja yang
tadinya diam sekarang bisa bergerak. Meja bisa bergerak karena orang memberikan
sesuatu kekuatan melalui dorongan, kekuatan itulah yang kita namakan sebagai
gaya. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda
bergerak. Jadi bila kita menarik atau mendorong benda hingga benda itu
bergerak maka kita telah memberikan gaya terhadap benda tersebut.
Besar kecilnya gaya dapat diukur
menggunakan alat yang bernama neraca pegas atau dinamometer. Sedangkan
satuan gaya dinyatakan dalam satuanNewton yang biasa ditulis dengan huruf
N. Kata Newton diambil dari nama Sir Isaac Newton, seorang ahli matematika dan
ilmuwan besar. Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan
ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.
4.
Prosedural
o
Menghitung gerak lurus, melingkar, dan parabola.
o
Menghitung gaya gesek pada bidang datar atau bidang
miring.
.
2.
Materi Pembelajaran
Remedial
Ø Bagi siswa yang sudah mencapai indikator
pembelajaran, dapat melanjutkan kebagian Pengayaan. Pada kegiatan remidial guru
ditantang untuk memberikan pemahaman kepada siswa yang belum mencapai
kompetensi dasar. Berikut ini alternatif cara untuk memberikan remidi:
1.
Meminta
siswa untuk mempelajari kembali bagian yang belum tuntas.
2.
Meminta
siswa untuk membuat rangkuman materi yang belum tuntas.
3.
Meminta
siswa untuk bertanya kepada teman yang sudah tuntas tentang materi yang belum
tuntas.
4.
Memberikan
lembar kerja untuk dikerjakan oleh siswa yang belum tuntas.
3.
Materi Pembelajaran
Pengayaan
Ø Pengayaan
biasanya diberikan segera setelah siswa diketahui telah mencapai KBM/KKM
berdasarkan hasil PH. Mereka yang telah mencapai KBM/ KKM berdasarkan hasil PTS
dan PAS umumnya tidak diberi pengayaan. Pembelajaran pengayaan biasanya hanya
diberikan sekali, tidak berulangkali sebagaimana pembelajaran remedial. Pembelajaran
pengayaan umumnya tidak diakhiri dengan penilaian.
E.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Metode : Diskusi
dan Eksperimen
3. Model :
Discovery Learning
F.
Media
Pembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar
penilaian
Ø Laboratorium
IPA sekolah
Ø Perpustakaan
sekolah
v Alat/Bahan
:
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop
& infocus
Ø Slide
presentasi (ppt)
G.
Sumber
Belajar
Ø Buku IPA
Kelas VIII Kemdikbud
Ø Buku
lain yang menunjang
Ø Multimedia
interaktif dan Internet
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 40
Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Pengantar tentang Gerak dan Gaya v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 50 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Pengantar tentang
Gerak dan Gaya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik
: v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Pengantar
tentang Gerak dan Gaya yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pengantar
tentang Gerak dan Gaya yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Pengantar tentang Gerak dan Gaya. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pengantar tentang Gerak dan Gaya. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pengantar
tentang Gerak dan Gaya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik. |
2 . Pertemuan Kedua (3 x 40 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Gerak pada benda v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 90 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Gerak pada benda berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik
: v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Gerak pada
benda yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Gerak
pada benda yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Gerak pada benda . v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Gerak pada benda . v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Gerak
pada benda kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
3 . Pertemuan Ketiga (2 x 40 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Hukum Newton tentang gerak v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 50 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Hukum Newton
tentang gerak berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran
yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik
: v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Hukum
Newton tentang gerak yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Hukum
Newton tentang gerak yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Hukum Newton tentang gerak. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Hukum Newton tentang gerak. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Hukum
Newton tentang gerak kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik. |
4 . Pertemuan Keempat (3 x 40 Menit) |
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit) |
||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur
kepada Tuhan YME dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Penerapan Hukum Newton pada gerak
makhluk hidup dan benda v Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung v Mengajukan
pertanyaan Pemberian
Acuan v Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu. v Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung v Pembagian
kelompok belajar v Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. |
||||||||||||||
Kegiatan
Inti ( 90 Menit ) |
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran Penerapan Hukum
Newton pada gerak makhluk hidup dan benda berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan |
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit) |
||||||||||||||
Peserta didik
: v Membuat
resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda yang baru dilakukan. v Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda yang baru diselesaikan. v Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk
hidup dan benda. v Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk
hidup dan benda. v Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. |
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi
berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No |
Nama Siswa |
Aspek Perilaku yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
BS |
JJ |
TJ |
DS |
|||||
1 |
… |
75 |
75 |
50 |
75 |
275 |
68,75 |
C |
2 |
… |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
... |
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria
= 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4
= 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin
dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya
pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan
kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap
bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari
penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian
menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format
penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih
dahulu. Berikut
Contoh format penilaian :
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan. |
50 |
|
250 |
62,50 |
C |
2 |
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara. |
|
50 |
|||
3 |
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok. |
50 |
|
|||
4 |
... |
100 |
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x
100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 :
400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi
pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan
meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan
penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat
kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh
format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No |
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
1 |
Mau menerima pendapat teman. |
100 |
|
450 |
90,00 |
SB |
2 |
Memberikan solusi terhadap permasalahan. |
100 |
|
|||
3 |
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota
kelompok. |
|
100 |
|||
4 |
Marah saat diberi kritik. |
100 |
|
|||
5 |
... |
|
50 |
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang
positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x
100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 :
500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No |
Aspek yang Dinilai |
Skala |
Jumlah Skor |
Skor Sikap |
Kode Nilai |
|||
25 |
50 |
75 |
100 |
|||||
1 |
Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelafalan |
|
|
|
|
|||
3 |
Kelancaran |
|
|
|
|
|||
4 |
Ekspresi |
|
|
|
|
|||
5 |
Penampilan |
|
|
|
|
|||
6 |
Gestur |
|
|
|
|
-
Penugasan (Lihat
Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang
terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian
unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No |
Aspek yang Dinilai |
Sangat Baik (100) |
Baik (75) |
Kurang Baik (50) |
Tidak Baik (25) |
1 |
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 |
Keserasian pemilihan
kata |
|
|
|
|
3 |
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa |
|
|
|
|
4 |
Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang
diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 |
Kemampuan menjawab pertanyaan |
|
|
|
|
3 |
Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 |
Kemampuan menyelesaikan masalah |
|
|
|
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang
sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No |
Aspek yang Dinilai |
100 |
75 |
50 |
25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang
belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan
soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Sebuah mobil bergerak sejauh 5 km kearah utara. Kemudian
berbalik arah ke selatan sejauh 3 km. Bagaimanakah Kamu membedakan tentang
jarak dan perpindahan mobil tersebut.
2)
Eko berlari mengelilingi lapangan berbentuk lingkaran.
Jika Eko berlari sebanyak 2,5 kali putaran, dan jari-jari lapangan 7 m. Bedakanlah
jarak dan perpindahan yang ditempuh Eko?
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat
agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
§
Membaca buku-buku tentang materi yang relevan.
§
Mencari informasi secara online tentang gaya dan gerak
……………, ……………………
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
0 Comments